Idiopatik trombositopeni purpura

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui mengenai penyakit ITP ini, selain nama penyakit ini jarang didengar orang penyakit ini termasuk langka. Saya sendiri mengenal penyakit ini karena suami saya seorang penderita ITP. Penyakit suami saya sendiri baru diketahui kira-kira 5 tahun yang lalu, ketika suami saya ditelpon oleh pihak lab bahwa trombositnya hanya 20 ribu. Dan menurut diagnosa dokter jika trombosit dibawah 200 ribu identifikasi dokter adalah demam berdarah atau types.Namun sebelum lebih lanjut saya bercerita mengenai awal mula suami saya terdeteksi terkena penyakit ITP ini ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu ITP. ITP atau idiopatik trombositopeni purpura merupakan penyakit kelainan darah yang ditandai dengan menurunnya jumlah trombosit di dalam tubuh. Penyakit ini tidak diketahui sebabnya dan bisa menyebabkan pendarahan yang berbahaya. 1.Nama asli trombosit adalah Trombopenia, istilah ini dipakai mengacu pada berkurangnya jumlah trombosit atau sel pembeku dalam darah. Trombosit atau keping darah merupakan keping darah berbutir halus. Pada orang normal, jumlahnya mencapai 200 ribu sampai 400 ribu per mikroliter. Trombosit merupakan hasil pemecahan sel megakariosit dalam sumsum tulang. Trombosit mengandung serotonin, ADP, ion kalsium, dan beberapa faktor pembekuan darah di dalamnya.

Kembali pada cerita suami saya, dan ketika suami saya ditelpon oleh lab di jalan Johan (dekat dengan lokasi kantor suami saya di jalan Gondangdia) suami saya langsung menelpon saya untuk segera membawa saya ke rumah sakit terdekat, saat itu yang kami tuju adalah rumah sakit di Cideng. Dengan membawa hasil lab tersebut saya dan suami berkonsultasi dengan dokter rumah sakit tersebut dan apa yang kami terima dari hasil konsultasi tersebut. “Bapak pulang aja, istirahat. Kami berdua kaget; loh kok istirahat, wong trombosit saya Cuma 10 ribu malah jawabnya kaya gitu”.  Dengan santai dokter rumah sakit itu bilang, “Test labnya salah kali pak, ngak mungkin kalau trombosit bapak Cuma 10 ribu bapak masih bisa jalan-jalan kaya gitu, mendingan pulang aja istirahat”. Dengan emosi kami segera mencari rumah sakit lain berikutnya yang lebih kredibel,”Rumah sakit Pondok Indah”. 

Dengan menaiki taksi kami segera ke RSPI dan untungnya suami sudah memiliki kartu berobat di sana sehingga kami hanya tinggal mendaftar dan mendapat no urut satu dengan dokter Aulia, ahli penyakit dalam. Setelah menjabarkan dan menunjukan hasil lab dari lab Johar, dokter Aulia segera memeriksa suami saya dan mendiagnosa awal dengan kemungkinan tombosit suami saya yang hanya 10 ribu adalah terkena demam berdarah atau types. Namun karena kondisi suami saya sendiri sehat dan tidak terlihat seperti layaknya orang menderita demam berdarah atau types maka dokter segera menginstruksikan pengambilan test darah kedua kalinya untuk test trombosit, leukosit, demam berdarah dan widal.

Hasil test darah menunjukan trombosit suami saya ternyata hanya 20 ribu tidak jauh beda dengan test darah pertama, dan untuk demam berdarah dan widalnya ternyata negative. Akhirnya dokter menistruksikan suami saya untuk rawat inap, dengan harapan dalam dua tiga hari test demam berdarah atau typesnya dapat diketahui.

Kamipun segera mencari kamar kelas 3 di RSPI karena kami saat itu benar-benar tidak ada persiapan kalau suami saya akan dirawat inap berhubung keadaan suami saat itu baik-baik saja hanya merasakan kelelahan yang amat sangat.

Dan selama perwatan di RSPI, hampir setiap hari suami diambil darah untuk melakukan pengecekan demam berdarah dan types, namun gejala kesana hampir tidak ada karena selama 3 hari berturut-turut test drah menunjukan negative untuk demam berdarah dan types, akhirnya dokter Aulia mereferensikan kepada dokter darah untuk mengetahui lebih lanjut, kira-kira penyakit apa yang diderita oleh suami saya akibat trombosit yang tidak kunjung naik meskipun tindakan infuse untuk pencegahan terjadinya pendarahan dilakukan.
Suami sayapun berikutnya dipegang oleh dokter ahli darah yaitu Dr. Noerwati Sutandio. Saat-saat itulah merupakan saat yang paling menegangkan buat kami, kerena diagnosa saat itu adalah adanya kelainan pada darah dan ada beberapa kemungkinan mengarah pada Leukimia, ITP atau Lupus. Dan untuk mengetahuinya ada satu jalan dengan melakukan biopsy yaitu diambilnya darah dari sumsum pada pinggul.

Berhari-hari saya menemani suami di rumah sakit dan bolak balik antara rumah sakit, kantor dan sesekali malam tidur bersama dengan anak di rumah.  Saat itu kami baru memiliki Rio yang berusia 2 tahun. Dan untungnya Rio anak yang baik dan mengerti kalau saya tidak menemani dia dikarenakan saya harus menemani bapaknya yang sedang sakit. Dan yang memudahkan saya adalah Rio sangat dekat dengan kakak saya nomer 3 sehingga  saya bisa lebih berkonsentarsi mengurus  dan mensupport suami.

Baru saat itu saya lihat suami saya menangis setiap malam karena takut untuk mendengar hasil biopsy yang akan dilakukan.  Kekawatiran kami akan hasil itu adalah penyakit Leukimia, yaitu kanker darah putih dimana kemungkinan untuk hidup buat penderita kanker sangatlah tidak lama sementara kami masih memiliki anak yang sangat kecil dan masih membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari kedua orang tua.

Kami juga sangat beruntung mendapatkan dokter ahli darah sebaik dr. Noerwati yang begitu ramah dan lembut serta sangat agamais. Beliau pula yang melakukan biopsy pada suami saya pada hari ke 7 jam 7 malam di ruang rawat inap pasien bukan diruang operasi yang kami perkirakan semula.  Karena permintaan suami saya ikut menemani suami saya melakukan Biopsi yang ternyata sangat cepat dan simple yaitu dengan melakukan pengeboran pada tulang pinggul dan menyedot sumsum yang ada untuk mengetahui kelainan darah apa yang diderita oleh suami saya.

Setelah menunggu 1 hari saya yang ditemani oleh kakak saya, Hani datang menghadap dr. Noerwati yang akan memberikan penjelasan mengenai hasil test biopsy. Dan syukur alhamdullilah penyakit yang kami takutkan yaitu Lupus dan Leukimia tidak diidap oleh suami saya melainkan ITP yaitu jenis penyakit darah yang penyebabnya dikalangan dokter sendiri belum tau dari apa, apakah pola makan atau lain-lainnya, namun ada asumsi ITP ini kemungkinan disebabkan oleh banyaknya konsumsi antibiotic sedari kecil hingga dewasa.  Dan suami saya sendiri tidak akan lepas dari obat yang namanya prednisone, yang fungsinya adalah sebagai pengupas sel darah yang ada dalam tubuh suami saya yang tidak dapat berkembang menjadi sel darah baru, namun dia malah menjadi sel darah yang besar (giant)., sehingga trombosit suami saya bisa seperti orang normal yaitu 200 ribu.

Selain itu dengan panjang lebar dr. Noerwati menjelaskan mengenai ITP, bahwa  berkurangnya jumlah trombosit dalam tubuh, maka bisa berakibat terjadinya pendarahan yang berlangsung secara spontan. Jumlah trombosit yang berkurang itu dapat disebabkan oleh berkurangnya pembentukan trombosit. Sumsum tulang sebagai tempat pemecahan sel megakariosit penghasil trombosit itu mengalami kelainan.

Akibat jumlah trombosit di dalam tubuh kurang, maka sistem pembekuan darah menjadi terganggu. Akan terlihat gejala perdarahan, biasanya terlihat di kulit berupa bintik-bintik merah atau lebam kebiruan (purpura). Gejala perdarahan lain adalah mimisan, perdarahan gusi, dan pada wanita perdarahan menstruasi yang lebih banyak dan lebih lama. Perdarahan juga dapat terjadi pada retina mata dan yang paling fatal adalah jika terjadi perdarahan otak.

Bila trombosit terus turun sampai di bawah 10 ribu. Turunnya trombosit bisa disebabkan karena adanya kebocoran di pembuluh darah sehingga membuat plasma darah mengalir keluar. Di tahap ini, biasanya diberikan tambahan cairan trombosit, supaya tidak terjadi perdarahan di otak yang bisa berakibat fatal. Kebocoran pembuluh darah juga berakibat shock atau kadang-kadang terjadi bekuan darah di pembuluh darah yang bisa berakibat kematian.

Beliau juga menjelaskan efek yang akan ditimbulkan dari mengkonsusmsi prednisone sendii yaitu dia akan menurunkan daya tahan tubuh sehingga tubuh bisa terserang penyakit dengan cepat seperti flu, jamur, jerawat pada pipi dan bagian tubuh lain. Selain itu si penderita akan memiliki wajah seperti bulan (moon face) dan tubuh yang melengkung atau bungkuk seperti layaknya orang yang mulai tua. Prednison juga dapat  merusak dinding lambung, menyebabkan diabetes, darah tinggi dll.

Selain efek dari prednisone, banyak kegiatan dari suami saya harus dikurangi atau dihentikan untuk mengurangi resiko pendarahan akibat trombosit yang rendah yaitu kegiatan berkendaraan roda dua. Olah raga yang bisa dilakukan hanya boleh jalan kaki, hal ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara natural.  Suami saya tidak boleh stress, dan kalau bisa tidak bekerja, karena penderita dianjurkan banyak berisirahat.
Thanks God it’s only ITP not Leukemia or danger diseases. (to be continue)

107 responses to “Idiopatik trombositopeni purpura

  1. Haii..perkenalkan sebelumnya..nama saya sherley..
    saya berusia 19 tahun..saya juga adalah pasien penyakit ITP..
    sekarang saya dalam masa tahap perobatan di PENANG GLENEAGLES..
    saya sudah kira2 hampir 3 tahun mengidap penyakit ini..
    saya ingin mengetahui cara gimana supaya penyakit ini tidak kambuh..
    tolong berikan saya petunjuk…
    dan saya ingin tahu apakah penyakit ini bisa disembuhkan??
    apakah suami anda bisa sembuh dari penyakit ini?
    terima kasih..

  2. Terima kasih atas berbagi pengalamannya, saya jg mempunyai masalah Penurunan trombosit dan HB yang terus menerus yg dialami oleh orang tua saya yang saat ini menderita sirosis hepatitis C, trombosit yang dimiliki hanya 21 rb, HB 8.3. Tindakan transfusi darah secara keseluruhan telah dilakukan, dan untuk transfusi trombosit jg pernah. pada saat setelah transfusi HB dan trombosit agak meningkat tp beberapa hari setelah itu akan menurun kembali. kondisi fisik kelihan lemah & pucat. menurut dokter itu karena pengaruh penyakit hepatitis td. kami keluarga tidak dapat berbuat banyak disamping kurangnya pengetahuan kami akan hal ini. apa saya bs dapat bantuan pengetahuan atau jalan keluar dari masalah kami?, terima kasih….

  3. kasus yg sama juga terjadi pd anak saya yg menderita mulai usia 3,5 th hingga saat ini(13 th)Adapun thrombo anak saya tdk pernah lebih dr 20 rb.Bahkan pd saat email ini saya buat (27/07/07)anak saya mengalami pendarahan otak dikarenakan kejang yg saat itu tensinya 240/148 & pernafasan yg tdk bisa nafas hingga hrs dimasukkan selang ke tenggorokan.Puji TUHAN karena muzijat dr YESUS 2 hari sudah bs sadar juga bs meremas tangan & menendang.Namun hingga saat ini thrombo & Hb nya bergantia turun naik.Setelah ditransfusi thrombo(langsung naik)namun hb turun kalau di transfusi Hb (langsung naik)namun thrombo turun.Sebenarnya kejadian yg lebih parah jg sudah alami mungkin terlalu panjang apabila saya ceritakanmengingat sudah 10 th anak saya menderita sakit tsb. Saat ini Saya hanya berharap pd TUHAN kami mungkin lewat sarana ini TUHAN memakai/pertemukan saya dgn orang yg bs sembuhkan(jd alat TUHAN)TUHAN MEMBERKATI

    • Bpk/Ibu Welly, jika berkenanmemberikan alamat amail,nohp atau alamat rumahnya untuk sharring masalah ITP. karena seorang teman saya juga memiliki anak penderita ITP yang butuh sekali informasi menangani masalah anaknya tersebut. terimakasih

  4. hii.aku eureke umur 19 tahun..
    aku juga mengalami ITP.. aku bggung apa yang arus ku lakuin.. uda 3x aku opname.. smua jenis obat, minuman2 sudah ku minum.. apa g ada solusi untuk meredam penyakit ini.. jujur aq tajut.. byk bgt biaya yang uda di keluarin.. apakah ini dapat sembuh.
    trima kasih sebelumnya

    • minum jus blueberry setiap hari 125 gram, atau jus blackberry, strawberry, wortel mbak eureke. insya Allah keping darah anda akan membaik. ingin jelas hub saya 081808291924

  5. Wah, Saya tidak menyangka ternyata tulisan saya ini dibaca orang lain. Tapi sebelumnya saya mohon maaf karena baru hariini saya sempat membuka blog saya ini karena kesibukan yang sangat tinggi.

    Saya tidak bisa bilang kalau suami saya itu sudah dinyatakan sembuh total atau belum tapi yang pasti suami saya sudah menjalani rutinitas seperti orang normal dan lepas dari obat prednison (obat dewa) yang berfungsi untuk menaikan trombosit sekaligus membawa efek samping lain seprti darah tinggi, gula dan ginjal.

    Awal perjalanan mengenal penyakit ITP ini memang perlu pengorbanan yang sangat besar baik moril maupun materil. Namun karena tekat yang bulat dari kami maka apapun jenis pengobatan itu akan kami lakukan untuk kesembuhan dan kebahagian suami dan tentunya saya dan anak2.

    Setelah capai memakai obat akhirnya kami diperkenalkan oleh seorang teman tentang pengobatan alternatif yaitu tusuk jarum. Kami memutuskan mencoba tusuk jarum dan juga pengobatan melalui dokter sebagai tolak ukur keberhasilan kerja keduanya. Suami saya secara rutin melakukan tusuk jarum 2 kali seminggu dengan biaya 50 -70 ribu setiap kali tusk jarum (tahun 2003).

    Melalui tusuk jarum ini suami saya mulai mengikuti anjuran dari sin she untuk mulai melakukan olah raga jalan kaki sekuat yang suami saya bisa setiap harinya. Fungsinya agar daya tahan tubuh suami saya dapat mulai dilatih sehingga suami saya tidak gampah lelah.

    Fungsi tusuk jarum ini agar efek samping dari penggunaan obat bisa dihindari, selain itu dengan tusuk jarum ini untuk menghindari terjadinya pengeroposan tulang belakang akibat dari obat prednison ini. Fungsi lainnya sebenarnya masih banyak dan yang terpenting adalah percaya diri suami saya jadi tumbuh dan kembali hidup seperti orang normal kembali.

    Setelah rutin menjalani pengobatan alternatif ini trombosit suami saya tidak pernah lagi drop di 20,000 ribu tapi di range 50,000 – 100,000 tanpa penggunaan obat prednison tersebut. Hal suami saya sampaikan kepada dokter darahnya bahwa dia telah lepas obat dan dia mendapat ucapan selamat dari dr. Nurwati bahwa dia telah dikategorikan sebagai pasien yang telah sembuh karena dengan trombosit 50,000 suami saya bisa hisup normal dan lepas dari obat.

    Hal lain yang mungkin bisa saya sampaikan adalah mungkin kita bisa mengenali penyakit kita terlebih dahulu dan kemudian mencoba mencintainya agar kita bisa berteman sehingga kita bisa menjaganya (maitance) sehingga tidak menimbulkan stess yang berlebihan buat kita yang dapat membuat kondisi kita menjadi drop.

    FYI, kami juga punya tetangga yang mengalami trombosit rendah namun ternyata dia bisa sembuh total dan setelah dicari tahu ternyata dr. salah memberikan obat. (Jadi mungkin yang lebih baik adalah kita kenali dulu penyakit tersebut dan mencoba tenang untuk mencari jenis pengobatannya baik melalui ahlinya maupun dari informasi2 lain) Semoga Allah SWT memberikan yang terbaik untuk kita. Amin.

    • Saya mohon Alamat Lena dengan Lengkap, karena anak saya juga mengalami penyakit ITP dan sekarang sedang makan obat prednison Alamat kami D Jln Kamboja No.18 Komp Inkorba Bukittinggi Hp. 081363265341…terimakasi ya

    • Apakah boleh saya minta alamat akupunturnya. Tks banyak sebelumnya

  6. hi panggil ja aq nunu
    saat ini umurku 18 th,dua tahun lala aku didiagnosa ITP,udah pernah 1x opname,hampir 1 th aku harus bolak balik ke rs u7ntuk kontrol dan cek darah,1 th lebih aku tergantung dengan obat.

    Awalnya aku bkira bintik _bintik merah itu hanya penyakit kulit biasa karena maang aku punya masalah dengan kulit.tapi ternyata setelah bdibwa k dokter kulit itu bukan pnyakit kulit & disuruh bawa ke penyakit dalam.Tertnyata dokter mengatakan aku kena ITP.sudah hampir 1 th ini aku tidak pernah lagi kontrol ke RS karena aku tidak lagi memar2,dan menstuasi pun sudah lancar tak sebanyak&selama dulu.karena tanda2 itu dah ga muncul lagi aku jadi males ke RS.Dan aku lum memastikan penyakitku ini dah sembuh napa belum.kira2 di masa yg akan datang penyakitku akan datang lagi ga ya?

    Ya Tuhan semoga kesembuhan ini untuk selamanya.Amiin

  7. terima kasih dengan adanya forum ini semoga Saya juga bisa menuangkan uneg2 tentang penyakit ITP.

    sejak 1 tahun lalu (Juli 2006) istri Saya terkena penyakit ITP. padahal waktu itu kami masih pacaran dan bulan September kami menikah.
    semula dokter mendiagnosa istri saya terkena Demam Berdarah. waktu itu trombosit istri Saya sangat rendah, yaitu sekitar 18.000. Hal ini tentu saja membuat saya dan keluarga shock dan sangat terpukul, padahal 2 bulan lagi kami akan menikah.
    istri Saya sempat diopname di Rumah Sakit Islam Surabaya selama 4 hari, namun trombosit terus menurun. hingga akhirnya Saya bawa istri Saya ke Dokter Ahli darah di Surabaya (Prof. Dr. Budi Warsono). dan beliau memfonis istri Saya mengidap ITP. Saya pun waktu itu juga baru mendengar penyakit ini. setelah dirawat 5 hari trombosit istri Saya semakin drop sampai 7.000. Ya Allah… Saya nangis lahir batin waktu itu. mohon agar diberikan kekuatan. waktu itu dokter Rumah Sakit memberikan transfusi trombosit. dan akhirnya beberapa hari kemudian trombositnya berangsur meningkat.
    setelah keluar dari Rumah Sakit, Saya bawa istri Saya ke Dr Budi lagi, dan dia menyalahkan RS yang memberi Transfusi Trombosit, karena pengidap ITP tidak boleh menerima Transfusi Trombosit.
    hingga akhirnya beliau memberi rujukan untuk meminum Prednisone. karena ga ada obat lain selain obat itu yah akhirnya istri Saya meminumnya selama 3 bulan dengan dosis progressive turun.

    tapi efek obat itu luar biasa jelek, kaki istri Saya sering ngilu, mata kabur dan tubuh membengkak tidak normal serta wajah menjadi tembem (moonface).
    dan dianjurkan untuk tidak punya anak terlebih dahulu. hal ini semakin membuat beban bagi kami.

    setelah lepas obat, beberapa bulan kemudian (tepatnya bulan Maret 2007) istri Saya kambuh lagi. Trombosit istri Saya drop sampai 8.000.
    tanpa pikir panjang langsung Saya masukkan ke RS Siloam Surabaya untuk mendapatkan perawatan intensif.
    setiap hari darah istri Saya diambil untuk mengetahui perkembangan trombositnya. dan obat Prednisone dianjurkan untuk dilanjutkan.

    setelah 3 bulan lepas obat IStri Saya sangat trauma, Saya coba bangkitkan lagi gairah hidupnya. dan Saya terus berusaha mencari pengobatan alternatif untuk menghindari efek obat Prednisone yang sangat buruk.

    sekarang istri Saya hamil 2 bulan, dan selama 3 bulan terakhir untuk menjaga kesehatan dan kondisi tubuh Istri Saya minum ramuan obat alternatif.

    sebebnarnya banyak hal yang ingin Saya sampaikan tapi karena keterbatasan saja. mohon tanggapan dari Saudara/i yang mungkin punya pengalaman yang sama. terima kasih.

    Asep Wijayanto, ST
    Jl. Kranggan 5 / No. 55
    Surabaya.

  8. saya hana ,umur 30 thn saya juga pengidap itp waktu saya ketahuan pengidap itp waktu umur 7 thn semasa saya hamil saya memakai 2 dokter ,dokter kandungan dan ahli darah setiap bulan saya tes darah utk melihat hasil trombosit pada bulan ke 8 trombosit saya 120 ribu saya senang sekali melihat hasilnya karna kalo saya melahirkan secara caesar min 100 ribu tapi kalo saya kepengen secara normal setelah waktunya utk melahirkan inilah saat2 menegangkan waktu pembukaan 1 pihak rs hrus menyiapkan tranfusi darah dan tranfusi trombosit ,tranfusi darah sudah siap tapi tranfusi trombosit yg sangat susah karna persyaratan cukup banyak harus laki2,gol darah A ,min tinggi 165, berat 70 kg, hasil trombosit harus 350 ribu setelah mencari2

  9. ada tetangga suami saya memenuhi persyaratan tsb penyarigan dari darah ke trombosit biayanya 3 juta ,pembukaan pertama jam 6 pagi .jam 9 pagi tes darah utk melihat hasil trombosit ternyata hasilnya 70 ribu dokter darah menyarankan selain tranfusi darah dan trombosit harus di bantu dgn obat yg sangat mahal 1 botol kecilnya harganya 2 juta sedangkan yg di butuhkan 20 botol bayangkan 40 juta hanya utk obat kami semua panik tapi mau tdk mau harus di masukkan di tubuh saya karna dokter kandungan tdk berani kalo misalnya harus operasi caesar dgn keadaan trombo 70 ribu, tapi 2 dokter saya sangat berharap secara normal lalu suami saya berbicara kepada dokter darah gimana kalo obatnya kita coba dulu 10 botol lalu dokter darah bilang ya udah oke kita coba kalo dgn 10 botol sudah naik kita stop lalu kita minta diskon melalui dokter jam 1 siang saya baru pembukaan 3 lalu saya di induksi lewat infus sakitnya amat sangat luar biasa sementara itu obat dan transfusi trombo masuk melalui infus jam 8 malam tes darah lagi hasil trombonya hanya 85ribu ,sementara pembukaan baru 6,jam 10 malam pembukaan baru 8 sementara saya sudah lemah dan kepala bayi tdk turun2 lalu jam 11 malam dokter kandungan memutuskan utk caesar ,dokter darah juga oke meskipun dgn trombo 85 ribu katanya yg penting sudah ada obat utk antibodinya ,dan yg terpenting lagi yakin dan berdoa selama operasi berjalan keluarga besar saya dan suami berkumpul

  10. Saya Handi, sama seperti rekan2 saya juga di diagnosa menderita ITP, awalnya saya terkena cacar air kurang lebih 3 hari setelah terkena cacar air, trombosit saya drop ke level terendah hanya 53 (bukan dalam ribuan) di mana kencing dan ludah saya sudah berwarna merah darah.

    Saat ini saya juga mengkonsumsi prednison dan baru sekitar 2 hari yang lalu menggunakan terapi tusuk jarum.

    but, saya yakin kita bisa sembuh karena Tuhan begitu menyanyangi kita

    Keep in Fire
    God Love us

  11. ibu, saya sudah 3th di diagnosa ITP ,usia sy 34th ,dan alhamdulillah sdh mempunyai 2 org anak ,pertama kali sy tau penyakit sy ,sedihnya luar biasa apalg anak msh kecil2 ,yang paling menyedihkan bentuk muka sy (moon face) yg kadang bila bercermin sy ngeri sendiri ,tp semua itu memang hrs di hadapi yah bu ,sampai sekarang sy masih mengkomsumsi obtnya tentunya dgn efek2nya yg kdng lebih membuat kacau pikiran di banding penyakit nya sendiri, alternatif lainnya saya meminum propolis alhamdulillah mengurangi efek obat prednisone dan sekarang saya mau mencoba terapi tusuk jarum,kita saling mendoakan yah bu ,kalau memungkinkan bagaimana kalau di pelopori untuk membuat wadah untuk orang2 yg terkena penyakit ini ,setidaknya dpt membuat kita tdk sendiri dan saling memberi info terbaru ttg penyakit ini,bukankah tuhan memberi penyakit juga disertai obatnya.

    thank’s

  12. Dear all, ITP bisa sembuh.
    Saat ini Trombosit saya sudah mencapai 180.000
    Saya melakukan pengobatan barat dan tusuk jarum & minum obat2an Cina (saya berobat ke dokter Sim Kie Jie)seperti saya tulis sebelumnya.

    Puji Tuhan
    Sekarang perjuangan utama bagi saya adalah belajar mengembalikan badan ke kondisi semula dan belajar untuk tetap berserah pada Tuhan

    Bila ada yang ingin contact bisa hubungi ke handi@adira-motor.com

    GBU

    handi

  13. Saya juga pernah kena ITP, berobat kedokter dirawat di Rumah Sakit 1.5 bulan di Medistra dan 1 bulan di General Hospital dan juga kepengobatan alternantif, alhamdullilah sekarang bisa sembuh

  14. tolong kirim semua artikel tentang trombositopeni idiopatik purpura (ITP). dan cara penanganan, peyembuhan dan yang lain-lainnya. yang berhubungan dgan ITP

  15. salam kenal
    sy baru saja divonis ITP minggu lalu dgn gejala spt yg sy baca di blog ini , sy ingin info detail pengalaman sdr.Handi yg sdh terbebas dgn terapi ala barat dll , mhn perkenan bp.Handi bisa sharing ke alamat sy ; soe1961@yahoo.co.id , bila ada rekan2 yg sdh terbebas sy ucapkan selamat n jgn lupa sharing kpd kita2 agar dpt lbh cerah lagi .. wassalam .Hardjo

  16. tolong dong buat pa handi dan pa totty …. pengobatan alternatif apa yang digunakan sampai bisa sembuh…..selamat yah…kalau boleh saya minta infonya di ..fitris42@yahoo.co.id -nuhun

  17. Januari lalu saya diagnosa terkena ITP, sempat sebulan opname, sudah 3 bulan lebih ini konsumsi methyl prednisolone yang katanya efek sampingnya mengerikan, sekarang kondisi saya sudah moonface n jerawatan, kaki mulai ngilu n sering kram, mata seperti jadi kabur n cepet lelah, gak tau itu efeknya ato bukan, pernah dosis obat sedikit diturunkan malah trombonya drop lagi, akhirnya dosisnya dinaikkan lagi, untuk aktifitas sehari2 sih sekarang bisa dibilang seperti normal, tapi karena masih tergantung sama obat jadi takut juga efek sampingnya, tolong dong bagi yang punya info ato mungkin pengalaman apa lagi yang sudah terbebas dari ITP, kira2 pengobatan alternatif apa yang bisa digunakan, terutama tempat berobatnya khususnya di daerah surabaya dan sekitarnya…
    Ato mungkin yang punya saran2 dan berbagi pengalaman untuk kesembuhan saya mohon kirim email ke dhoel_gombez@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya untuk saran dan informasinya…

  18. Kakak saya juga menderita ITP sejak kecil, tapi baru ketahuan diagnosisnya setelah kuliah.
    Ada ngak herba yang bisa untuk pengobatan penyakit ini?
    Makasih jawabannya.

  19. Suami saya juga menderita ITP yang saya sampai sekarang masih bingung di buatnya.kata dokter penyakitnya tidak berbahaya tapi, juga tidak boleh dianggap remeh.kemungkinan seumur hidup harus di topang dengan obat.
    kebetulan sebelumnya suami saya menderita kanker testis,dan menjalani kemoterapi sebanyak 6 kali.saya tidak tau persis apa ITP ada huybungan nya dengan kemoterapi yang dijalani suami saya.bagi anda yang mempunyai masalah seperti yang dialami suami saya,mungkin bisa membantu saya.Kematin suami saya sudah di lakukan pemeriksaan BMP.
    Apa anda ada yang memiliki solusi,terutama tentang obat-obatan herbal,karene selama ini suami saya sudah terlalu banyak mengkonsumsi obat2an medis,saya khawatir akan efeknya di kemudian hari

    • saat ini suami lagi mengidap itp dan perlahan trombosit naik dg bantuan obat herbal.. fung fang ejiao dan rebusan daun ketela jalar serta penetralisir obat kimia chlorophill. entah yang mana yang membuat perkembangan baik. tapi dengan bantuan doa dan semangat mungkin juga mempengaruhi. oh ya untuk menjaga stamina suami saya juga mengkonsumsi doble X punya multilevel marketing MW. mudah-mudahan bisa membantu.

  20. Dokter bilang penyakit ITP lebih banyak menyerang perempuan hampir 80%.dan penderita juga dilarang untuk melakukan trasnfusi darah,kalaupun transfusi dianjurkan transfusi tunggal dalam arti kata hanya transfusi dengan donor yang sama.penyakit ini juga belum diketahui penyebabnya,dan belum dapat di sembuhkan,hanya dapat ditekan seperti halnya diabet.ada yang menyarankan untuk mengkonsumsi spirulina,sejenis obat-obatan herbal.tetapi sejauh ini saya belum mencoba.mungkin jika ada perkembangan lebih lanjut kita bisa sharing n bikin komunitas tersendiri.

  21. Dear all,
    kalau dari pengalaman saya kemarin yang paling penting adalah semangat hidup dan rasa percaya/berserah pada Tuhan

    Bagi saya ini suatu pengalaman rohani yang Amat luar biasa. Ada satu kata2 yang amt mengana selama saya di rawat di RS Borromeus, Bandung
    Percayalah kepada TUHAN dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia,

    dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.

    Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak;

    Ia akan memunculkan kebenaranmu seperti terang, dan hakmu seperti siang.

    Begitu di vonis kena ITP, saya juga makan obat yang sama dgn dgn rekan2 yang lain tapi tidak ada hasil yang berarti, malah leukosit saya naik cukup drastis sehingga sempat di kira sakit leukeumia

    Mulai tanggal 16 jan saya coba pengobatan accupunture,

    di dokter Sim Kie Jie,

    Accupunture center Darma Bakti

    Jl. Mustika Permata 9, telp 022-2001606,

    Setiabudi Regency Bandung

    Bulan januari Accupunture 1 minggu 2x

    Per minggu ke 2 februari saya sudah tidak mengkonsumsi prednisone maupun obat2 lainnya. Dan Accupunture 1 minggu 1X

    Bulan maret sampai saat ini saya belum terapi lagi tapi hasil tes darah terakhir trombo masih di angka 250.000

    Oh, ya selama masa2 sakit saya banyak mengkonsumsi multi vitamin dan immunos (vitamin untuk meningkatkan anti bodi)

    handi@adira-motor.com

    • setelah membaca banyak pengalaman dari para penderita ITP, saya semakin senang dan semakin kuat, karena ternyata kami tidak sendiri. Kakak saya adalah salah satu penderita ITP juga, dan pada waktu kami mengetahuinya untuk pertama kalinya penyakit yang diderita kakak saya, yang bagi kami nama penyakit ITP itu sangat asing, kami seakan tak percaya jika kakak kami menderita penyakit yang seperti itu. Tapi dengan info dari mas Handi tentang pengobatan accupunture, yang sangat
      berguna bagi kami. Terimakasih atas infonya. Doakan kakak saya juga semoga cepat sembuh dan tidak akan ketergantungan obat seumur hidup. Amien. Kami ingin bergabung dengan dengan para penderita ITP lainnya. tolong hubungi kami. karena kami butuh banyak info tentang penyembuhan penyakit kami. email saya : smileningnong@gmail.com.

      • Senangnya bisa menemukan sharing ini. Pada saat usia 5bln anak saya tiba2 muncul purpura, sy fikir alergi susu sapi krn mmng baru di sambung sufor krn asi kurang. Kondisi anak sy pd saat itu sehat2 sj, bahkan lg senang2nya tengkurap dan tdk spt sdng sakit.Nmn setelah ke dokter dan di anjurkan periksa lab trombosit 12rb akhirnya di diagnosa ITP dan di tangani oleh Prof Dr Djadiman Gatot ( sp darah anak ) dan di opname di rs evasari setelah 3 hr di terapi obat oral tromb tdk ada kenaikan malah turun mencapai 9rb. Kemudian obat oral di ganti dgn suntikan intra vena selama 2 hr trombosit perlahan naik hgg mencapai tromb 250rb ( opname slm 10hr). Alhamdulillah saat ini anak sy berusia 1,2 thn sdh jalan dan sangat aktif. Dokter pun tdk pernah penyarankan utk cek lab sejak keluar dr opname itu. Bbrp wkt yg lalu sy mengajukan asuransi penddkn dan kesehatan utk anak sy tersbt dmn di mintakan suku kesehatan anak yg di dlmnya terdpat riwayat ITP, shngg saat ini appl ass tdk dpt di setujui. Kekhawatiran sy kembali muncul bgt apa menakutkannya ITP. Dan apakah mgkn akan muncul lg ITP pada anak sy. Apakah ada yg mengalami kasus yg sama spt sy? Dengan kondisi anak sy saat ini yg Sehat Walafiat sy sangat bersyukur dan senantiasa berdoa agar anak sy slalu sehat walafiat.

  22. KEEP IN FIRE
    GOD LOVE US

  23. saya amiana…tanggal 1 mei lalu saya di vonis mengidap ITP..
    bingung, heran..ITP itu apa, bagaimana penyembuhannya, berbahaya atau tidak??Saya sempat stress waktu itu..karena ibu saya pun sedang sakit, gagal ginjal.. Sampai sekarang saya masih terus kontrol 1 minggu sekali…Saya mohon sekali kepada yang lain, yang lebih berpengalaman dan lebih mengetahui tentang penyakit ini apalagi yang sudah sembuh total untuk berbagi dan mengirimkannya ke ai_violette@yahoo.com..Ibu Lena dll..tolong ya.. terima kasih sebelumnya..

  24. Dear mbak Amiana & All,

    Senang rasanya bisa berbagi di bolg ini. Saya sendiri bukan penderita ITP tapi kebetulan suami saya yang penderita ITP bisa hidup normal dengan ITPnya. Jadi alangkah baiknya kalau diantara kita mau serius untuk membentuk satu komunitas untuk para penderita ITP ataupun mereka yang perduli dan dekat dengan si penderita ITP biar satu sama lain bisa berbagi pengalaman ataupun bisa menuangkan segala uneg-uneg, sehingga kita tidak merasa sendiri dan dapat mengurangi sedikit kerisauan dalam hati kita sekalian.

    Untuk mbak Amiana, mungkin mbak bisa melakukan treatment yang dilakukan mas Handi dengan pengobatan Accupunture yang khasiatnya juga dirasakan oleh suami saya. Dan selain itu mbak bisa juga melakukan olah raga ringan misalnya dengan jogging/jalan kaki untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Insya Allah dengan melakukan treatment spt itu mbak bisa hidup seperti orang normal dengan penyakit ITP. Dan mudah2 an jika atas kehendak Allah penyakit itu bisa hilang seperti yang dialami mas Handi. Sebagai catatan, mbak jangan lepas kontrol dengan dokter untuk memantau ITPnya.

    Jika ada yang ingin berkomunikasi melalui email saya bisa dihub dialamat email: lena.hasyim@gmail.com.

  25. Assalamualaikum,
    saya juga mempunyai pengalaman yang sama, suami saya juga ITP, saya ingin sekali mba Lena hasim dan teman teman yang lain membentuk komunitas agar kita bisa berbagi pengalaman, pengobatan untuk kesembuhan dari penderita ITP.

    Suami saya juga sudah melakukan aktivitasnya sehari – hari. suami saya bekerja di daerah Cikini, sementara kami tinggal di bekasi.

    Saya ingin sekali segera terbentuk komunitas ini.

    Jika ingin menghubungi kami :

    Alfianto ( suami saya ) 021-3151070, 021-99178670
    Yanti 021-8935708, 021-99817574.

  26. Assalamualaikum..

    istri saya baru melahirkan secara caesar pada 10 juni lalu, awalnya jadwal operasi adlh tgl 2 juni namun malam menjelang operasi darah istri saya di cek sebagai prosedur rutin pra operasi, ternyata diketahui trombonya hanya 24 ribu, padahal tak ada keluhan sama sekali.

    Akhirnya dokter kandungan kami memutuskan untuk dilakukan perawatan dulu sampai akhirnya kami hrs pindah ke rs harapan kita..

    Selama perawatan tersebut dilakukan transfusi trombo, yang di khawatirkan adalah kontraksi yang disertai pendarahan terjadi sebelum trombonya memenuhi syarat operasi yakni 100 rb.. saat itu bahkan dokter telah menyatakan satu kondisi yg sangat mengerikan bagi kami sekeluarga.

    kondisi trombo pun naik turun kadang naik pesat sesudah di transfusi namun kadang juga turun walaupun sehabis di transfusi.

    hingga akhirnya trombo mencapai 130 rb dan dokter kami lgsung memutuskan operasi dlm waktu 1 jam setelah tes darahnya keluar..

    Alhamdulillah operasi berjalan lancar, Insya Allah istri dan anak kami sehat, bahkan trombo anak kami mencapai 282 rb.

    Namun masalah ternyata belum selesai, pasca operasi dimana masih dibutuhkan trombo yg stabil guna proses pengeringan luka ternyata trombo istri turun lagi dan sempat dilakukan transfusi kembali..

    total kami di rs sampai 2 minggu dengan jumlah trombo yg ditransfusi mencapai 90an kantong 30cc..

    skg kami sudah rawat jalan dengan dokter noorwati di rs dharmais, istri diberikan obat medrol 4mg dosis 1×3, 10 hari lalu kami cek trombonya sudah mulai tinggi 190rb

    dokter memutuskan untuk pengurangan dosis jadi selang seling 1×3 dan 1×2, tadi pagi kita cek lagi ternyata trombo turun lagi hingga 39rb.

    besok pagi dokter meminta saya datang ke rs, terus terang saya galau sekali dgn kondisi ini, sejauh ini kemungkinan besar sakit istri saya adalah ITP, hal itu dikatakan 4 dokter yg telah menangani istri saya, walaupun itu hrs di diagnosa melalui pengambilan sampel dr sumsum tulang belakang utk memastikannya..

    saya berharap punya kawan berdiskusi ttg penyakit ini, paling tidak untuk mengatasi kegalauan mental kami..

    Saya siap berpartisipasi apabila komunitas ini terbentuk,
    kami tinggal di daerah salemba, saya bisa dihubungi melalui big_n4nd4@yahoo.com / 021 93727669

    trims.. wassalam

  27. anak saya 3 bln,divonis kena ITP
    tadinya sangat awam dg penyakit ini.
    setelah tanya sana sini serta buka2 web di internet diketemukanlah penyakit ini.
    tetapi saya masih bingung,ada beberapa pertanyaan yg masih mengganjal dalam hati saya.
    1.sampai kapan penyembuhannya anak se usia 3 bln,
    karena samapai saat ini masih sering muncul bintik2 merah
    dibawah kulitnya ?
    2.dokter menyarankan utk tambahan vitamin, clorofil (zat
    hijau daun ? yg bisa dibeli di MLM, benarkah demikian ?

  28. Temen dekat saya juga divonis ITP. Padahal setahu saya seseorang divonis ITP itu harus lewat pemeriksaan sumsum tulang belakang kaN? Tapi kami ikuti saja nasihat dokter. Kami berobat ke RS Siloam Karawaci. 5 hari dirawat trombositnya naik dari 24rb menjadi 105 ribu. Sekarang masih rawat jalan, dan kontrol terakhir menunjukkan trombosit 400rb (sudah normal). Tapi saya bingung, kok dokter masih kasih resep Prednisone untuk 1 bulan. Padahal efek sampingnya sangat menggelisahkan hati kami. Temen saya jadi gemuk (seperti gemuk air), pipinya tembem, dan ada bintik2 merah spt jerawat di wajah dan tubuhnya.

    Apakah kalo kadar trombosit sudah normal, prednisone nya bisa dihentikan saja?? saya ga tega melihat kondisi temen saya.

  29. Menurut pengalaman suami saya, kalau tromboist sudah naik mungkin bisa dicoba untuk dikurangi prednisonnya, misalnya yang tadinya 4 x 3 bisa dikurani menjadi 2 x 3 selama 3 hari kemudian tes apakah trombositnya masih tetap atau trombositnya drop kalau stabil masih 150.000 coba lagi untuk kurang dosisnya menjadi 1 x 3 setiap hari, kalau masih stabil trombositnya maka bisa dikurangi menjadi 1 x 1 sehari kalau tombositnya stabil mungkin bisa coba dilepas kalau sudah dilepas selama 3 hari coba tes apakah trombosit masih stabil atau memang drop ke level yang tidak aman misalnya 50.000 maka teman mbak mesti konsumsi prednison dilevel yang trombositnya masih aman.

    Ini juga pernah suami saya lakukan dari 1 hari suami saya harus konsumsi 12 butir prednison, kemudian di lakukan pengurangan besoknya menjadi 3 x 3 sehari (ini dilakukan atas saran dari dr. darah suami saya) dan untuk suami saya tromboist 50.000 saja dia aman-aman saja tidak ada pendarahan.

    • Ibu lena boleh saya minta alamat akupuntur tempat suami ibu berobat ? Karena ibu saya ada indikasi ITP, terima kasih banyak sebelumnya

  30. Pengobatan prednison tidak bsa d hentikan secra mendadak,biasanya doktr mengurangi dosis prednison secara bertahap atau yang d kenal dengan tappering of

  31. Iya betul harus secara bertahap dan atas anjuran dokter serta kontral yang rutin untuk memantau perkambangannya, apakah aman untuk trombosit dan tentunya keadaan kita sendiri.

  32. saya divonis mderita itp. memang diagnosisnya ditegakkan hanya melalui tes darah, dimana kadar trombosit saya saja yg drop. tes lewat sumsum tulang belakang atau pemeriksaan limfe belum pernah saya alami. Konsumsi prednisone sudah 1 1/2 bulan. seminggu ini sdh tidak konsumsi saja. memang kondisi trombosit sudah normal kisaran 276rb.

    yang saya tidak mengerti, kenapa sudah seminggu berhenti konsumsi prednison, saya masih merasakan lemah, demam berkepanjangan. walaupun menurut dokter suhu tubuh saya normal, tapi saya merasa di dalam tubuh saya, agak hangat (sepertinya demamnya tidak keluar, hanya di dalam tubuh saja). sehingga tidak terdeteksi oleh termometer.

    Pengen dapat share dari temen2 penderita itp nih…apakah temen2 jg mendapatkan hal yang sama. Saya juga sudah coba ke shin se yg di glodok itu lho. tapi malah disaranin dokter ga usah minum ramuan2 itu dulu…kasian ginjalnya nanti jd bermasalah.

    Bagaimana ya teman2…saya sering stress memikirkan penyakit saya. jadi tidak bersemangat ngapa-ngapain…pengen cepat sembuh nih.

  33. ibu lena..

    istri saya berobat juga dengan dr noorwati soetandyo, belakangan ini prednilsonenya mulai dikurangi diganti dengan imuran secara bertahap..

    menurut beliau imuran lebih tidak berefek dari prednsolone, apakah ibu pernah mendengar soal imuran? mohon info kalo sudah ada pengalaman dgn obat ini juga..

    terimakasih..

  34. Bu Lena & teman-teman

    istri saya sudah 7 tahun ini didiagnosa ITP. Kami konsultasi dengan Prof.Dr.Arry Harryanto di klinik Amanda, saat ini terapi dengan medrol. Bisakah saya dapatkan info tempat akupuntur sebagai alternatif pengobatan? apakah sebelum terapi alternatif ini perlu kita jelaskan dulu masalah ITP ini? Secara awam apakah bisa dibedakan antara ITP dan Lupus? Thanks

  35. Pak Arnanda,

    Maaf kami belum punya pengalama dengan imuna tapi dari info yang saya baca di internet fungsinya kurang lebih hampir sama dengan prednison hanya saja mungkin efek samping yang ditimbulkan tidak sedasyat prednison.
    Seperti suami saya dengan mengkonsumsi prednison efek samping yang langsung dirasakan oleh suami saya adalah penyakit dikulit seperti jerawat dan panu. sementara untuk efek jangka panjangnya diabetes, keropos tulang lebih cepat, kerusakan pada ginjal.

    Mungkin itu saja pak yang bisa kami informasikan, kalau bapak ingin tau lebih details mungkin bapak bisa tanya banyak dr. Noorwati karena menurut pengalaman kita beliau sangat mau menjawab semua yang kita tanyakan bahkan yang kita keluhkan.

    Untuk Pak Muftie, saya sudah jawab ya email bapak, semoga membantu ya pak.

  36. Dear all,
    Saya seorang mahasiswi di sebuah perguruan tinggi negeri di surabaya. Dua setengah bulan yang lalu, pacar saya melakukan medical check up sebagai persyaratan tiap kali akan kontrak kerja. Sebelumnya dia sudah beberapa kali medical chek up dan hasil cek darahnya selalu normal. Namun, dua setengah bulan yang lalu, dia cek di Prodia trombositnya turun kelevel 15rb. Padahal kondisi tubuhnya fit/sehat, dan tidak ada perdarahan atau demam berdarah. Karena tidak percaya, dia cek di tempat lain, namun hasilnya tidak jauh beda. Bahkan pernah hasilnya 5rb. Akhirnya dia mendatangi salah satu dokter spesialis darah, dokter memberikan obat metilprednisolon dan merujuk untuk segera transfusi trombosit di RS Sanglah, Denpasar karena pacar saya memang tinggal di Bali.
    Di Sanglah, pacar saya didiagnosa Suspect ITP. Namun, dokter yang menangani di sana justru tidak menginstrusikan untuk transfusi trombo karena hasilnya akan naik sesaat saja, kemudian turun lagi, hingga mungkin dapat mengakibatkan ketergantungan transfusi. Dokter juga hanya memberikan metilprednisolon dan menyarankan pacar saya untuk tidak stress dan mengkonsumsi makanan bergizi. Seperti halnya pengalaman rekan-rekan, pacar saya juga selalu diambil darah, 3x sehari, namun tidak ada peningkatan yang berarti. Trombonya tidak pernah diatas 20rb, hanya sekali saja pernah 42rb. Karena masih suspect (dugaan) ITP, dokter menyarankan untuk BMA (bone marrow aspiration) atau biopsi sumsum tulang. Namun, pacar saya dan keluarga tidak mau melakukannya karena takut akan efek sampingnya. Pacar saya sempat stress. Akhirnya dokter juga hanya menyarankan untuk lebih kembali ke pengobatan secara psikologis dan religius, artinya menenangkan pikiran dan lebih mendekatkan diri ke Tuhan YME.
    Akhirnya setelah tidak ada perkembangan yang memuaskan, pada hari ke 10 setelah MRS, kami memutuskan untuk pulang paksa dan menjalani rawat jalan. Kami memutuskan untuk mencoba obat alternatif dan dia mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan trombosit, sambil tetap terus memantau hasil lab. Metilprednisolon tidak dikonsumsi lagi karena muncul bintik-bintik merah hampir sebesar biji jagung, seperti jerawat, mulai dari kulit kepala, leher, hingga punggungnya dan dokter kulit menyarankan agar menghentikan konsumsi metilprednisolon. Kadar trombonya memang mulai merangkak naik, hingga pernah 76rb, namun naik turun, bahkan dalam selang satu hari cek darah dari 74rb turun ke 36rb dan tidak pernah mencapai level diatas 100rb, padahal persyaratan untuk kembali bekerja semua hasil medical chek up harus normal. Itu juga berarti trombonya harus berkisar 150rb-400rb. Pacar saya kembali agak stress sebab liburan yang rencananya hanya 1 bulan, kini sudah memasuki bulan ketiga. Dia bagaikan jatuh tertimpa tangga pula, sudah terkena penyakit yang tidak jelas penyebabnya, uang sudah terkuras habis, pemasukan juga tidak ada. Saya sangat kasihan melihatnya. Apalagi saya tidak bisa menemaninya karena kuliah jauh di Surabaya. Untungnya dia memiliki keluarga yang sangat mensuportnya.
    Karena itu, saya sangat ingin membantunya agar cepat kembali pulih, baik secara psikologis maupun fisiologis sehingga dia dapat kembali bekerja sepeerti dahulu. Mungkin tidak secara materi, namun saya dapat memberikan informasi mengenai penyakitnya. Terimakasih untuk rekan-rekan di blog ini atas infonya, saya akan menyarankan pacar saya untuk mencoba terapi alternatif akupuntur karena saya kira telah membuahkan hasil yang signifikan pada rekan-rekan dengan ITP yang sudah mencobanya.
    Namun, saya mohon bantuannya apabila ada yang tahu informasi mengenai klinik akupuntur di Bali, ataupun informasi lain seputar pengobatan ITP, baik dari segi medis maupun alternatif. Mungkin bisa dicantumkan di blog ini maupun dikirimkan ke email saya di amyjuniati@yahoo.co.id. Saya sangat mendukung blog komunitas ITP ini, agar kita bisa saling sharing info dan pengalaman seputar ITP. Sekali lagi, terimakasih atas perhatian dan infonya.

  37. Dear teman2 sesama penderita ITP…
    Saya sudah setahun ini divonis menderita ITP. Selama setahun ini saya mengkonsumsi obat Medixon, Imuran dan Cavit D3. Namun setelah mengkonsumsi obat tersebut saya mengalami dampak yang sangat menakutkan.. moonface, jerawat dan nyeri pada persendian.. tapi setelah saya hamil saya tidak mengkonsumsi obat – obatan tersebut lagi sampai dengan sekarang. Usia kandungan saya sudah 8 bulan dan sebulan yang lalu tombosit saya hanya 17 rb dan saat suami dinas diberitahu oleh temannya yang istrinya juga mengalami hal yang sama dengan saya menyarankan saya untuk makan ANGCHO ( Sejenis Kurma Cina ) yang bisa kita beli di Toko Obat Cina dengan harga 1 kg 55 rb.. alhamdulillah setelah 1 bulan ini saya mengkaonsumsi buah tersebut trombo saya naik dari 17 rb menjadi 71 rb. Sekarang saya menambah porsi makan buah angcho tersebut menjadi sehari 2 kali karena sebulan lagi saya akan melahirkan. Dokter kandungan saya menyarankan untuk transfusi trombo tapi saya yakin dan percaya pada kekuatan ALLAH semoga bulan depan saya bisa melahirkan secara normal dan semua lancar..amin…
    Semoga bisa membantu teman – teman yang lain..

  38. Oh ya kalau ingin info yang lebih lengkap bisa menghubungi saya di Shiracelena@yahoo.co.id atau di 085731996344

  39. Semoga ya mbak persalinan mbak Masyita normal dan lancar. Kabar2i ya mbak.

  40. Iya mbak terima kasih atas doanya… saya benar – benar deg- degan karena dokter kandungan saya yang biasanya saya kontrol kandungan ternyata tidak mau menangani saya saat persalinan nanti… dan saya harus dirujuk ke dokter kandungan lain karena ITP saya.. hu…sedih rasanya.. mungkin dia takut akan resikonya saat saya melahirkan nanti karena kalau ada apa – apa dengan kondisi saya pasti nama baiknya jadi rusak karena dia satu – satunya dokter kandungan yang paling terkenal di kota saya…

  41. iya mbak, dokternya juga mempertimbangkan keselamatan mbak dan bayi. Jadi memang prosedur standard dokter untuk menjalankan operasi atau melahirkan jumlah trombosit harus 150 ribu. (itu standard normal trombosit manusia), tapi apakah dengan menaikan trombosit harus dengan tranfusi trombosit ya mbak? apakah tidak ada cara lain? mungkin ini bisa ditanyakan dengan dokter kandungannya atau dokter lain sebagai second opinion mbak.

    Melahirkan juga penting loh mbak buat si ibu punya rasa aman, jadi dokter juga harus dapat membuat mbak merasa aman dipegang oleh dia. Mumpung masih ada waktu satu bulan bisa dipergunakan untuk bertimbang bareng keluarga. Semoga mendapat solusi yang terbaik ya mbak. Good Luck

  42. fitris42@yahoo.co.id

    Dear all…
    mau tanya nih ada yang tau beda prednison sama lameson ?…atau sama,kalau beda mungkin ada yang tau efeksampingnya berat yang mana…?soalnya sy d ksh dr lameson,tp temen” kebanyakan prednison ,padahal penyakit kita sama itp…..

    terimakasih…

  43. Salam buat semua

    Salam kenal,ikutan nimbrung kali ya!
    saya juga mempunyai kolega yang anaknya menderita ITP, orang tuanya kedua-duanya dokter, kisahanya mirip mirip dengan penderita lainya, nyaris tidak terdeteksi dari awal. Awalnya di sangka DBD atau Morbili, ternyata setelah di periksa dgn seksama ternyata ITP.
    Ada sedikit saran buat penderita ITP dan keluarganya;
    1. Jangan pernah putus asa, lebih pasrah pd TYME karena dengan demikian imunitas tubuh lebih baik.
    2. Jangan stress, semua orang pasti pernah sakit dan suatu saat akan meninggal semua dengan caranya sendiri-sendiri (rahasia TYME)
    3. Mengatur pola makan, makan yang seimbang. Mengurangi makanan berpengawet, lebih banyak mengkonsumsi makanan organik, terutama sayur dan buah-buahan dapt mengingkatakan kualitas hidup penderita.
    4. Olah raga yang teratur dan di sarankan jangan terlalu berat.
    5. Yang terakhir, periksakan secara rutin dan berkala ke dr atau RS.

    Untuk obat-obatan ITP akan di berikan golongan Kortikosteroid bisa deksamethason, prednison, metil prenidson dll.

    terima kasih

  44. Dear all,
    Nama saya Egie, suami saya divonis mengidap ITP satu bulan yl. Setelah membaca blog mba Lena dan saya berkomunikasi dengan Handi lewat email, suami menjalani terapi acupuncture di tempat Handi berobat, di Bandung selama seminggu 2x. Alhamdulillah hari Sabtu kemarin (17 Jan 09) setelah diambil darah, hasil trombosit naik secara signifikan yaitu 218rb dimana sebelumnya hanya 61rb. Untuk yang menderita ITP, mungkin bisa dicoba untuk terapi acupuncture ke tempat acupuncture yang Handi pernah tulis di blog ini. Semoga kita semua bisa mendapatkan kesembuhan dari penyakit ini. Amin.
    To Handi: Thanks a lot for sharing, thanks a lot for everything! God Bless you…
    Egie (egie_sa@yahoo.com)

  45. Pak Suryadi,

    Bagaimana kondisi anak bapak sekarang? Apakah bapak atau yg lain bisa sharing dg saya? Anak adik saya umur 3 bulan, pagi tadi menurut dokter divonis menderita ITP. Skrg trombonya 13 rb (sempat 7 rb dan 15 rb) dan msh dirawat di harapan kita. Apakah harus menjalani pengecekan sumsum dari kakinya? atau ada cara lain? Besar kekhawatiran kami karena umur penderita baru 3 bulan.

    Terima kasih.

  46. Salam kenal,
    3 minggu yll,ayah saya masuk k RS untuk perawayan DM Selulitisnya.
    Setelah 1 mgg drawat,ayah saya demam slm 1 mgg,dan untuk hasil lab ayah saya terkenz DBD.
    setelah masa kritis DBD lewat,trombosit dan Hb ayah saya naik turun.
    Dr kemudian mendiagnosa ANEMIA APLASTIK,
    anemia yag disebabkan krn pemberian obat yg berlebihan,yang dpt menyebabkan trombosit dan Hb menurun.
    k ebetulan saat itu ayah saya mendapat therapi antibiotik lebih dari 7 hr.
    Saya pun mencari info ttg anemia aplastik itu,
    anjurannya hentikan pemberian AB bila memang sudah tidak terjadi infeksi.
    selama itu ayah saya mendapat transfusi TC dan PC.namun tetap trombosit dan Hb naik turun.
    saya pun membaca brosur AB yg dberikan,ternyata efek sampingnya dpt menyebabkan trombst dan Hb menurun.
    Saya akhirnya meminta surat penolakan pemberian AB.

  47. Hasilnya seteliah AB distop,Hb berasngsur membaik namun trombosit tetap naik turun.
    Dr menyarankan untuk dilakukan pemeriksaan sumsum tulang.
    yang saya takutkan apakah pemeriksaan itu beresiko??
    mungkikah ayah saya penderita ITP juga??
    karena kondisi fisik luar terlihat baik baik saja dan berangsur membaik namun trombosit terakhi turun lagi dari 23000 menjadi 18000.

  48. aku juga penderita ITP dari umur 3 thn,dan skarang usiaku sudah 22 thn.tp aku bisa lalui ini berkat bantuan orang-orang yang sangat menyayagiku..

  49. obat alami 30 menit sblm sarapan minum madu asli yg kadar airnya dibawah 20%, juga kalau bisa minum habbatus sauda (jintan hitam) untuk imunitas tubuh dari penyakit
    tapi ingat ini berkelanjutan dlm waktu yg lama dan rutin, insya Allah sembuh
    semoga bermanfaat

  50. Hai, semuanya, saya memiliki anak yang terkena ITP dari usia 5 bulan saat ini usia anak saya 10 bulan, mohon bantuannya bagi yang sudah merasakan kesembuhan… mohon bantuannya untuk pengobatan baik secara medis atau alternatifnya, di harapkan bantuannya.

  51. mba dan mas sekalian tlg sharing ttg accupunture sbg terapi penyembuhan ITP dperjelas spt apa. Sy stress kna ayah sy sdg d opnam,trombositna 1 dari 7 tp stlh konsumsi obat jd naek dari 1 ke 3. Pdhal kondisi ayah sy sehat bhkan utk b aktifitas. Mau altrn mkn jinten hitam kt dr d hentikan saja kna sdg d ksh obat utk mnekan imun tbh yg mmkn trombosit.. Sy bc2 blog ini jd makin bingung dan takut..

  52. Assalaamu’alaikum wr.wb.
    Hi tmen2 yang sama2 penderita ITP, sy (38 th) divonis ITP awal th 2009 dan dirawat selama 1 mg di bogor dan 1 mg di Jakarta. sempat transfusi trombosit 19 kantung, tp trombosit turun terus hingga 2000, tp alhamdulillah pada saat jumlah trombosit 2000 tidak terjadi pendarahan dimana pun, sampai akhirnya untuk menaikkan trombositnya harus melakukan terapi Gammaraas yang harganya wow… 25 jt per hari selama 5 hari, tp setelah 4 hr terapi tidak diteruskan karenajumlah trombosit sudah naik 129 rb. Subhanallah. Sampai sekarang trombosit sudah normal, tp minum obat untuk maintanance 4 mg medrol 1x sehari, dan imuran 2x sehari. Tapi tetep aja kan takut efek sampingnya. Mungkin ga ya lepas dari obat?….? So…tenang aja semangat hidup yang tinggi, berfikir positif, selalu ingat Allah SWT. Umur kan udah ditentuin. Pasrah aja….

  53. Wisnu Adityawarman

    anak saya 11 bln di vonis dokter menderita ITP, gejala awal keluar bintik2 merah, dan lebam di kaki dan tangannya, dari hasil lab trombositnya hanya 7000, lalu dokter menginfus trombosit 2 labu, trombositnya naik menjadi 15.000. apakah ada obat untuk anak 11 bln? selain prednison, amuran? tolong infonya!

  54. Wisnu Adityawarman

    dan apakah anak usia 11 bln bisa di tusuk jarum akunpuntur? klo ada info bisa hubungi saya di 022-76999198. terima kasih sebelumnya!

  55. Sedikit mau sharing aja…kurang lebih di tahun 1997, saya sempat didiagnosis menderita ITP, karena trombosit saya waktu dipriksa hanya 18,000…tiap hari saya harus melakukan priksa darah dan setelah bbrp kali priksa darah, dimana hasilnya tetap saja rendah, maka oleh dr diminta untuk priksa sumsum tulang belakang. Dan dari hasil priksa itu, saya didiagnosis menderita ITP. Kebetulan, karena orang tua saya bekerja di bidang farmasi dan memang mempunyai banyak kenalan dr di Surabaya, saya sempat di handle beberapa spesialis hematolog dan semuanya menyatakan hal yang sama. Dengan pemberian prednisone dosis tinggi selama lebih dari 5 bulan trnyta tidak ada peningkatan yang berarti…akhirnya saya check up di Perth – Australia (dengan dr. Patrick Crawford)…di Perth sendiri saya melakukan test sum2 tulang belakang lagi mendapatkan transfusi immunoglobulin sebanyak 10 ampul (yg ternyta kalo di luar negri dianggap sebagai bagian dari darah jadi tidak diperjual belikan…sementara di Indonesia sendiri harganya pada saat itu mencapai 2 juta per ampul). Menurut dr. Patrick, biasanya ITP di anak2 bisa sembuh secara total dengan pembelian immunoglobulin. Sementara pada kasus saya masih belum bisa dipastikan karena saya pada saat itu berusia 16 tahun (masuk kategori antara anak2 dan dewasa). Singkat cerita, saya balik ke Surabaya lagi dan trombosit saya drop ke angka 3,000 dengan HB hanya 4. Tetapi puji Tuhan dengan keadaan darah seperti itu, tidak mengganggu aktifitas saya sehari2. karena trombosit saya drop ke angka 3,000 hematolog di Surabaya sudah angkat tangan dan menyarankan untuk mengangkat limpa saya. Semua pengobatan tradisional pada saat itu sudah sempat saya lakukan, mulai dari minum susu kuda liar, minum suplemen yang terbuat dari jamur, minum jus bayam merah, accupunture, dll. Akhirnya orang tua saya memutuskan untuk membawa saya balik ke Perth. Disana saya dipriksa sumsum lagi dan melakukan pemeriksaan DNA – RNA, karena dr. Patrick khawatir bahwa yang saya derita adalah pre-leukimia. Puji Tuhan, ternyta setelah seluruh hasil laboratorium keluar, ternyata tidak ditemukan suatu penyakit di tubuh saya. Dr. tidak bisa memberikan diagnosis kenapa trombosit saya rendah karena memang tidak ada penyimpangan dari hasil lab2 saya…Pada saat itu trombosit saya masih di level 30,000-an…akhirnya setelah balik lagi ke Sby, saya sempat bertemu dengan seorang dr kenalan orang tua saya dan dianjurkan untuk meminum BRM (Bio Response Medical). BRM bukan merupakan obat karena hanya terbuat dari herbal dimana fungsinya adalah untuk menaikkan immune tubuh. Perlahan2 trombosit saya naek secara bertahap. BRM sendiri saya minum secara rutin pada awalnya tetapi untuk selanjutnya tidak saya minum secara terus menerus, tetapi hanya saya minum pada saat kondisi badan lagi kurang enak saja. Saat ini, trombosit saya sudah normal kembali (161,000). Puji Tuhan! Saya percaya bahwa Tuhan memiliki rencana yang indah untuk para hamba-Nya. Saat ini saya sedang mengandung minggu ke 20…minggu lalu, trombosit saya sempat drop lagi ke 95,900. Selama 1 minggu ini saya minum lagi BRM, jus jambu merah dan jus kurma, dan setelah 1 minggu saya check lagi, trombosit saya sudah naik di angka 110,000. Mohon bantuan doanya supaya trombosit saya tetap bisa stabil sampai pada saat saya melahirkan. Saya percaya untuk menyerahkan semua masalah kita kepada Tuhan karena Dia tidak akan memberikan cobaan yang melebihi kekuatan kita. Amin…

  56. pengen sharing juga nih,ank saya juga penderita ITP dah 1th ini,Puji Tuhan akhir2 ini trombositnya dah naik nyampek 250rb,yg tdnya dibwh 50rb.sekedar info ank saya mengonsumsi herbal yaitu temulawak,angcao yg direbus dgn daun jambu mrh,jus jambu mrh,madu kurma,yakult.itu semua yg dimakan tiap hari.o iya kadang2 daun ubi rambat juga.
    tuk ortu yg anknya kena juga..te2p semangat walaupun kita cemas n bingung.tuhan pasti kasih jalan.GBU..

  57. ank sy umur 5 thn br bbrp hr yg lalu di diagnosa ITP sy bingung krn pd awl pemeriksaan dia didiagnosa anemia def fe dan waktu itu hsl trombositnya 345.000 dlm jarak 1 bln stlh periksa labor yg pertama sy ulangi lg ternyata trombonya turun mjd 57.000 sy ke dokter ank diks prednisolon spt yg sy bc.pdhal setiap hr dia sy ks clorofil dan spirulina sy tgl di kota kecil yg fasilitasnya blm lengkap mohon sarannya mbak krn sy mau bw anknya berobat kl di jakarta dirs mn ya sy bs bw ank sy makasih ya mbak sebelumnya

  58. Rena, 24 Thn
    Saya pengidap ITP sejak kecil… belakangan penyakit ini semakin tampak jelas. Obat Prednisone selalu diberikan dokter… tapi saya sangat malas makan obat ini… karena efeknya yang amat sangat buat saya semakin ketakutan. Obat-obatan china pun tlah saya minum,,, mungkin saya kurang yakin saja. tapi saya ingin mencoba tusuk jarum, tapi di daerah saya tidak ada pengobatan tusuk jarum. Mungkinkah pengaruh sakit ini seusia sekarang saya belum mengalami menstruasi sama sekali. penyakit ini benar2 menyiksa batin. gusi saya semakin parah, mata saya semakin rabun, sedangkan pacar saya sudah mengajak saya menikah. tolong kasih saran untuk saya dlam menghadapi penyakit ini. pengobatan bagaimna lagi yang harus aku jalani….

  59. haii, teman saya br di diagnosa terkena penyakit ITP bulan lalu.. trombositnya sempat drop sampe 8000, lalu di transfusi 14 kantong trombosit.. cuma nya gk pengaruh, cuma nambah 300 doank jd 8300

    lalu papanya mencari sinshe.. sinshe menganjurkan meminum benalu kopi (asli dipetik dari pokok kopi) trombositnya langsung naik ke 64000

    dah itu dl mama saya terkena leukemia.. yang setiap kali KEMO selalu transfusi darah merah dan trombosit… lalu saya kasih mama saya minus JUS NONI (harga lbh kurang 500.000) diminum bt 2 mgg…

    hslny sungguh mengaggumkan… setiap kemo sudah tidak perlu menstransfusi darah meran dan trombosit…. krn selalu normal…

    anda bisa mencoba jus NONI (nama lain ny JUS AJAIB) itu bnr2 bgs…. ^^

  60. Syalomm..Erika

    Saya Ebron, adik saya berusia 25 thn terdiagnosa ITP sudah dua bulan terus di rumah sakit hingga saat ini, boleh saya tau Jus NONI itu apa ya dan bisa di proleh di mana ya,

    dan bagi teman-teman, saya mohon bantuannya untuk mau memberikan saran kepada saya obat apa yang bisa membantu adik saya bebas dari ITP ini ya, karena pada saat ini trombosit adik saya cuma 6.000. no HP saya : 0811609386, ebron_jau@yahoo.com

    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih atas doa, bantuan serta perhatian yang teman-teman berikan.

    Gbu All.

  61. Istri saya, 34 th. baru saja keluar dari RS karena ITP. Pada awalnya trombo sampai 6000, setelah 2 minggu dirawat dengan prednison dan injeksi, alhamdulillah wkt keluar RS, trombo sudah 273000. Untuk meningkatkan trombo selain minum banyak juga ada yg kasih saran dan kami coba minum rebusan Kurma merah (kurma cina) dan Gula Batu, kemudian ada yg kasih ramuan tadi dalam bentuk praktis dalam sachet, bahkan ada yg sarankan minum eskrim, jus jambu, jus apel. Saat ini masih tetap prednison tapi dosis mulai diturunkan. Cuman waktu keluar kemaren sempat leukosit juga naik, sehingga diduga ada infeksi. tgl 30/4 besok cek darah lengkap dan konsul ke dokter lg. Untuk yg butuh info ITP berikut ada beberapa : http://www.pdsa.org/ ;
    sayang untuk Indo, belum ada. Terima kasih buat semua yg telah menginspirasi.

  62. saya menderita itp sejak kecil, skrg umur saya 32thn, banyak temen2 itp yg menderita itp tp bs melepas obat2an. tp sy sulit dosis medixon dikurangi sedikit saja sy lgsg terjadi pdrahan, mata saya jg mulai rabun, adakah solusinya????

  63. Anak saya perempuan 7 tahun penderita itp sejak februari 2009 pendarahan di hidung dirawat selama 5 hari diberikan tc 12 kantong, oktober 2009 kembali masuk rs diberikan tc 10 kantong dengan gejala biru-biru, pendarahan dihidung, mulut dan mata, juni 2010 kembali masuk rs diberikan 10 kantong trombosit karena pendarahan di hidung dan kemaren 23 Juli 2010 masuk lagi pendarahan dihidung trombosit 41 ribu, hb 8,9 kemudian ditc 10 kantong dan transfusi darah merah 1 kantong karena hb turun setelah ditransfusi tombosit menjadi 68 ribu. 28 Juli 2010 kontrol ke rs jumlah trombosit menjadi 82 ribu dan hb 13,9. pada waktu kontrol dr. menyarankan untuk tes ANA dan RN-DNA, hasil tunggu seminggu lagi. Sudah melakukan BMP 2 kali. Terima kasih.
    Wass.wr.wb.
    Agus_2512@yahoo.com

  64. halo saya juga penderita penyaki. tapi aku tidak malu meski saya diejek oleh teman-teman saya tidak marah. saya berumur 9thsetengah teman-temanku yang penderita trombosit kalau kita diejek oleh teman atau saudara jangan marah kalau kalian sakit hati diejek sebaiknya kita menyingkir saja.salam kenal

  65. Putri Kami Netta sejak umur 3 tahun melakukan pengobatan medis ITP.
    Prednison sudah 10 bulan dikonsumsi tapi hasilnya masih belum ada.
    Jamu2 dan herbal sudah dicoba semua tapi hasilnya bisa dikatakan tidak ada sama sekali.
    Tubuhnya gemuk berwajah bulat dan tumbuh rambut disekujur tubuhnya akibat prednison ini.
    Sehingga oleh dokter dihentikan dan diganti obat sejenis yg efeknya jauh lebih rendah. kalau tidak salah namanya KENACORT dan vitamin TF-Advance (sepertinya ini dari MLM karena ngga ada di apotek, dokter yg jual vitamin ini, harganya 15 rb perbutir)
    Obat KENACORT ini ternyata sangat ampuh meskipun murah (3500/butir). trombosit Vionetta yg semula 9.000 langsung normal 230.000.
    dosis pertama yg diberikan adalah 3x3x2 dan dikurangi terus seminggu sekali secara berkala 1 butir.
    tetapi pada minggu ke 8 yg seharusnya sudah tidak perlu lagi minum obat,
    Vionetta terserang Flu, pilek , karena perubahan cuaca yg terlalu extrim di surabaya bulan ini. Flu ini ternyata berdampak sangat buruk bagi penderita ITP Balita.
    Trobo yg sudah normal diatas 200.000 selama 2 bulan drop kembali di angka 5000, sampai terlihat bintik2 hitam di lidahnya. Tetapi tidak nampak gejala lemas atau sakit pada anak kami Netta. Dia seperti balita lain yg riang berlarian. Yg kami kawatirkan hanya kalau sampai jatuh dan pendarahan ini sangat berbahaya.
    Tentang trobosit yg sampai turun dibawah 10.000 kami sudah tidak lagi merasa panik seperti dulu lagi, mungkin karena sudah terlalu seringnya terjadi. Naik turunnya trobo Netta sangat fluktuatif kami kontrol setiap minggunya di RS Karangmenjangan. Dulu kalau trobositnya dibawah 20.000 kami langsung minta opname dan tranfusi trombo, tapi ditolak para dokter yg ahli penyakit ini. Hanya disuruh pulang dan diusahakan mengistirahatkan total putri kami, serta menjaga jangan sampai terjatuh atau terluka. Transfusi Trombo pada ITP menurut dokter harus dihindari, disamping tidak bermanfaat banyak juga makin memperkuat sel darah putih yg memakan keping darah merah. Kecuali dalam situasi khusus misal pendarahan parah atau akan melahirkan. Karena peningkatan trobosit hasil transfusi hanya bersifat sangat sementara.
    Minggu ini saya mau minta pada dokter agar diberikan Gamaras. Kenacort kalau diberikan terlalu lama, efeknya juga sama seperti prednison ,hanya memang lebih ringan.
    Gamaras Meskipun sangat mahal (sekitar 9 juta untuk 4 botol sekali suntik) sepertinya itu solusi terbaik saat ini untuk ITP menurut perkiraan saya dan harus dicoba. tapi sayangnya saya bukan dokter, jadi tetap minta pendapat dulu dari dokter saat kontrol besok.
    Saya sudah ngga bisa berpikir lagi obat apa yg bisa menormalkan trobosit putri kami ini dan tidak drop lagi. dengan trobosit yg hanya 5000 putri kami ini ibarat telur yg tidak boleh pecah atau retak kulitnya). Darahnya tidak bisa membeku kalau keluar, terus mengalir. Kalau sampai jatuh dan berdarah2 saya tidak kuasa membayangkan. Semoga Allah melindungi kami.

  66. anak saya 8 th juga kena ITP, namun bermasalah dengan leukositnya, jika dia minum medixon trombositnya naik tp lekositnya juga naik, sampai saat ini masih dlm tahap pengobatan. mohon saran dan pendapat yg terbaik untuk anak saya , thx

    • selamat malam ibu agustina sukma…

      Saya Dien, Saya memiliki SOLUSI untuk menaikan Trombosit dengan cepat, dan juga bisa untuk menyembuhkan leukimia.dan jelas bisa menyembuhkan penyakit tanpa efek samping seperti obat lain.harga sangat terjangkau tanpa harus melakukan transfusi trombosit.untuk INFO Lebih lanjut silahkan konfirmasi :
      (087759477775) << Call, Sms, Whatsapp, Line, WeChat

  67. Itp , lupus , rematik obatnya sama saja kortisteroid, predison plng murah tp efek jangka panjang kurang bgs , ada beberapa kortisteroid yg lbh mahal , kenapa mahal ya meminimalkan efek samping tp fungsinya sama saja. Ini penyakit jg gak ada yg jelas penyebabnya.

  68. Salam,

    Saya baru di vonis ITP 2 minggu yang lalu, saya sempat ke dokter hematologi untuk berkonsultasi, beliau menyarankan untuk menggunakan prednison.. Terus terang saya takut dengan efek prednison dan juga biaya nya yang mahal membuat saya menggurungkan niat saya menggunakan prednison.
    Banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi jus jambu, saya coba selama 1 minggu, setelah itu saya test darah lagi, trombosit malah turun dari 36.000 menjadi 28.000..
    Apakah teman-teman mempunyai saran untuk saya?
    Terima kasih

  69. Bambang Supriyanto

    Assalamualaiykum,Wr Wbrkth.
    Salam sejahtera. Sebelumnya saya sampaikan terimakasih atas terbentuknya forum ITP ini. Saya sangat bersyukur dapat turut serta menjd bagian dr komunitas ini. Saya usia 39 th awalnya kurang lebih 5-6 th yg lalu mendapati gejala2 seperti penyakit ITP dimana awal ada benjolan merah agak sakit kemudian akan menghitam (gosong) dimana pd saat memar2 merah tersebut agak sakit dan sedikit gatal apabila di gunakan utk berjalan dan bersentuhan dgn celana akan sedikit nyeri.
    Setelah saya mencari tahu kemana2 dulu pernah ke dokter tp setelah dianjurkan periksa lab saya jd takut sendiri. Akhirnya saya diamkan saja, saya mengalami gejala yg sama dgn rekan penderita ITP di atas, badan terkadang sering panas tp tidak keluar dan mudah merasa lelah. Alhamdulillah siang ini saya menemukan forum dan komunitas yg sesuai dgn apa yg saya alami. Saya akan mencoba berobat ke akupunktur di bandung tsb dan mekonsumsi minuman/pengobatan herbal. Saya berharap forum ini dapat banyak membantu sodara2 kita yg lain yg mengalami kondisi yg sama. Dan saya sangat berterimakasih atas adanya forum komunikasi penyakit ITP ini. Semoga Allah SWT selalu memberikan nikmat sehat bagi kita semua. Amin ya Robbal Alamin. No Telp saya: 08561137673 atau 08811210489
    Salam sejahtera
    Wassalamualaiykum.Wr.Wbrkth

  70. Bambang Supriyanto

    Mohon up date dr rekan2 / saudara2 di email saya.

  71. aku seorang ibuyg mempunyai anak berusia 12tahun yg di duga terkena penyakit ITP .Tolong kepada teman2 yg tau tentang penyakit ini di beritaukan gimana cara pegobatannya secara alternatif atau pun medis dan apa penyebabnya atau larangan yang menyebabkanya. atau adakah makanan yang dilarang bagi penderita ITP

  72. assalamu’alaikum..
    anak saya kembar putra-putri sekarang berumur 11bulan, seminggu yg lalu menurut dokter spesialis anak, sikembar suspect ITP. apakah ada terapi herbal /pengobatan alternatif yng kira2 cocok dan disukai (dalam hal selera) untuk bayi usia 11bulan? karena untuk pemberian obat2an sangat kesulitan sekali, apalagi harus terus menerus.
    atas bantuannya saya ucapkan banyak2 terimakasih…
    buat mbak lena hasyim… saya sangat terbantu dengan blog ini. terimakasih
    semoga Tuhan memeberkati mbk lena..
    saya bisa dihubungi di: kangtowi78@yahoo.com

  73. assalam…
    saya baru mendengar ITP beberapa minggu lalu…baru tau kalau konsumsi antibiotik yang terus menerus bisa berujung pada ITP ini, baru tau kalau kelainan darah ini jg ebenarnya bisa disiasati (karena belum bisa dikatakan sembuh total)..terimakasih atas info dari semuanya..benar2 bermanfaat…semua penyakit ada obatnya sebab Tuhan Maha sayang Dia tidak akan memberikan penyakit tanpa obatnya…..untuk semua yang diberikan ITP ini..mudah2an diberikan kekuatan dan kedamaian selalu…

  74. Istri saya sudah 1,5 thn mengidap ITP saat ini trombositnya hanya 6000 dan hampir tidak pernah naik meskipun sudah berobat kedokter ataupun alternatif. saat ini kami hanya mohon kepada Allah SWT mudah – mudahan diberi kesembuhan.

  75. Keputus asaan bukanlah jalan terbaik, tetap tegar dan sabar menghadapi penyakit ini, semua penyakit datang dari Allah SWT dan yakinlah pasti akan sembuh, memang saya dan istri saya hampir putus asa namun berkat dorongan dari teman dan keluarga serta dokter saat ini kami menjadi lebih tenang dan sabar, sambil berdoa dan berusaha mudah mudahan Allah memberikan kesembuhan, amiin.

  76. salam,
    saya seorang penderita ITP juga, terdiagnosa juli 2011, sebelum-sebelumnya hampir setiap tahun saya selalu dirawat di RS dg diagnose DHF-DSS sejak 2001, dan selalu mendapatkan transfusi trombosit. Juni 2011 saya kembali dirawat di RS dg diagnose DHF-DSS, juga mendapatkan transfusi trombosit. dengan kondisi hamil 26 minggu. namun setelah di lakukan pemeriksaan darah didapatkan IGg dan IGm saya negatif, disitu saya disarankan untuk konsul ke hematologist, dari hematologist disarankan untuk mengkonsumsi steroid, karena namun perlu persetujuan obgyn , karena dikhawatirkan menghambat pertumbuhan janin.namun saya tidak punya pilihan lain karena semua tindakan yang bisa diambil untuk ITP saya membahayakan janin, dan pemberian steroid ini relatif lebih aman. belum sempat di berikan steroid saya kembali di rawat dengan kondisi trombosit 1000, dan terdapat pendarahan spontan di kulit, hidung dan mulut. tapi alhamdulillah tidak ada pendarahan di jalan lahir maupun plasenta.
    methyl prednisolon 500mg di injeksi 3x namun trombosit saya masih 1000, 3 hari kemudian berangsur naik 27.000 dan naik pesat di angka 76.000, methylprednisolon injection diubah menjadi tablet dengan dosis dikurangi menjadi 2x16mg, seminggu kemudian saya diperbolehkan pulang dengan trombosit 298.000, 3 hari kemudian trombosit saya 530.000, dengan leukosit 22,6,karena terlalu tinggi jadi dosis steroidnya dikurangi menjadi 1x8mg. seminggu kemudian trombosit saya 143.000 dengan leukosit 16. sampai sekarang saya masih mengkonsumsi methylprednisolon , usia kehamilan saya 35 minggu, saya masih optimis bisa melahirkan normal, saya dan bayi sehatl. semoga Allah mengabulkan , mohon doa dari rekan-rekan semua,
    saya sangat setuju jika dibentuk komunitas ITP agar kita bisa share, email saya yashmine_sweety@yahoo.com.
    salam.

  77. salam,
    saya seorang penderita ITP juga, terdiagnosa juli 2011, sebelum-sebelumnya hampir setiap tahun saya selalu dirawat di RS dg diagnose DHF-DSS sejak 2001, dan selalu mendapatkan transfusi trombosit. Juni 2011 saya kembali dirawat di RS dg diagnose DHF-DSS, juga mendapatkan transfusi trombosit. dengan kondisi hamil 26 minggu. namun setelah di lakukan pemeriksaan darah didapatkan IGg dan IGm saya negatif, disitu saya disarankan untuk konsul ke hematologist, dari hematologist disarankan untuk mengkonsumsi steroid, karena namun perlu persetujuan obgyn , karena dikhawatirkan menghambat pertumbuhan janin.namun saya tidak punya pilihan lain karena semua tindakan yang bisa diambil untuk ITP saya membahayakan janin, dan pemberian steroid ini relatif lebih aman. belum sempat di berikan steroid saya kembali di rawat dengan kondisi trombosit 1000, dan terdapat pendarahan spontan di kulit, hidung dan mulut. tapi alhamdulillah tidak ada pendarahan di jalan lahir maupun plasenta.
    methyl prednisolon 500mg di injeksi 3x namun trombosit saya masih 1000, 3 hari kemudian berangsur naik 27.000 dan naik pesat di angka 76.000, methylprednisolon injection diubah menjadi tablet dengan dosis dikurangi menjadi 2x16mg, seminggu kemudian saya diperbolehkan pulang dengan trombosit 298.000, 3 hari kemudian trombosit saya 530.000, dengan leukosit 22,6,karena terlalu tinggi jadi dosis steroidnya dikurangi menjadi 1x8mg. seminggu kemudian trombosit saya 143.000 dengan leukosit 16. sampai sekarang saya masih mengkonsumsi methylprednisolon , usia kehamilan saya 35 minggu, saya masih optimis bisa melahirkan normal, saya dan bayi sehatl. semoga Allah mengabulkan , mohon doa dari rekan-rekan semua,
    saya sangat setuju jika dibentuk komunitas ITP agar kita bisa share, email saya yashmine_sweety@yahoo.com.
    salam.

  78. sy jg pndrita ITP,dan obat.,daun sirsak 9 liter,direbus dgn 3 air hingga tersisa 1 gelas,minum tiap pagi dan sore.,hasilnya,leukosit yg berlebihan jd normal sehingga tdk mnyrang trombosit,. Dmikian yg bisa sy bagi.,bagi yg membaca,harap cari kelebihan dari daun sirsak sebagai obat,maka anda akan kagum dgn ciptaanNYA ini.trims

  79. Assalamualaikum,
    Ikutan yach, ….Ibu saya didiagnosa terkena ITP juga, tapi dengan umur yang sdh lanjut (73thn), di tangan & kaki nya terdapat lebam2 biru, dokter bilang itu pendarahan yang terjadi di dalam kulit sehingga warnamya spt itu), sekarang ini masih dirawat di RS sdh hampir 2 minggu trombositnya tdk naik2 berkisar 5rb-6rb aja,jika ada rekan2 yang tahu tempat alternatif/ shin she boleh saya minta alamatnya yang di Jakarta yang bisa saya kunjungi untuk menyembuhkan Ibu saya, karena Ibu saya ini semangat hidupnya masih tinggi walaupun sdh lanjut usia, dan kami pun berharap Ibu kami sembuh juga..

    Mohon bantuannya ya rekan-rekan.

    Terima kasih

  80. teman saya divonis mengidap ITP kemarin
    tetapi saya masih tidak jelas dengan penjelasan dokter yang tidak menganggap penyakitnya serius\apakah ITP itu bisa kambuh sewaktu-waktu?
    bisakah ITP itu sembuh?

  81. anak umur 11 bulan saya kena itp mohon imfo ya untuk pengobatan herbal

  82. selamat siang..
    senang rasanya bertemu dengan banyak teman-teman yang mengalami dan merasakan apa yang saya alami.. anak saya berusia 1.2 bulan , pertama kali di rawat trombositnya hanya 16.000, dokter memberikan kemingkinan terburuk pitri kami menderita ITP.

    mereka tetap meminta untuk di lakukan observasi, setelah di observasi hari ke 2 trombositnya naik menjadi 29.000 ( saat itu dokter menyatakan itu dbd ) namun di hari ke 3 trombositnya turun menjadi 28.000 dan di hari ke 4 baru dokter memberikan analisa pasti bahwa si kecil menderita ITP…

    kami lantas meminta saran terbaik dari dokter, dan dokter menyarankan untuk mengkonsumsi gamunex , kami di minta untuk menyediakan 2 botol sekaligus, harganya cukup membuat tercengang… 8,3 per botol, 12 jam kemudian trombosit naik 5.000 point..

    saat ini kami masih manjalani perawatan untuk si kecil, yang ingin saya tanyakan.. berapa jumlah trombosit yang di miliki sampai si kecil bs keluar dari rs, apakan harus menunggu 150.000 atau bisa di bawah itu.. karena terus terang saja, observasi memerlukan banyak biaya, kami sedang memikirkan alternatif untuk rawat jalan, tetntu saja dengan pengawasan ekstra dan konsul dokter..

    dan apakah obat alternatif yang di sarankan untuk anak – anak,
    apakan bisa terapy akupuntur tersebut di lakukan kepada anak- anak

    untuk informasi saya ucapkan terimakasih,
    jika berkenan berbagi bisa contek saya di gwe.email@yahoo.com

    terimakasih
    tetap sabar kuat dan semangat, karena Allah sudah menjanjikan obat untuk semua jenis penyakit

  83. Salam.
    Saya itqi, pelaku bisnis herbal china. awal nya saya mencari informasi Dr. Sim Kie Jie karena tertarik untuk mendalami ilmu akupuntur, tetapi menggunakan acupoint.

    Dan sampailah saya di blog mba lena. Membaca post dan comments artikel ini, membuat saya terharu, bersyukur, dan sekaligus membuat saya mantap untuk mendalami akupuntur dan meneruskan bisnis herbal china saya. Lebih karena keinginan agar semakin banyak orang yang tertolong atas izin Allah SWT.

    Untuk teman-teman yang suffer from ITP, SEMANGAT! Please jangan mnnyerah berusaha, dan jangan menyerah untuk bersabar karena sabar tidak ada habisnya. sesudah kesulitan pasti ada kemudahan :))

    May Allah bless us, aamiin..

  84. saya adalah penderita ITP, dan saat ini saya sangat bersemangat dalam proses penyembuhan saya, walaupun dokter bilang saya harus banyak mengkonsumsi makanan seperti daging-dagingan tapi saya diberitahu oleh ibu bahwa selama saya pengobatan, saya tidak boleh mengkonsumsi makanan yg bersifat amis…. Puji Tuhan, dulu trombosit saya sempat hanya 18 ribu saja,dibantu oleh Dr, Tatar Sumandjar, 10 hr selanjutnya trombosit saya melesat 80 rb, 12 hr kemudian 125 ribu dan 12 hari kemudian 224 ribu, kurangi makanan instant terlebih pizza, burger, kebab…
    tidak perlu takut lagi, dokterpun sangan takjub dengan semangat saya untuk sembuh, kadang terapi terapi steroid yg menyakitkan tubuh ini sembat membuat saya lelah, tapi karna memang efek terapi seperti itu, saya tetap bersemangat…
    untuk teman-teman yg saat ini suffer dari ITP, jangat takut akan diaknosa penyakit ini, semangat dan buat hati selalu tenang…
    Tuhan Memberkati

  85. Salam kenal semuanya
    Saya juga penderita ITP.
    Gejala bintik merah pada kulit dan memar lebam di kaki sudah saya alami kurang lebih 1tahun lamanya, dan baru saja diperiksakan ke dokter awal bulan ini. Setelah melewati berbagai proses pemeriksaan darah, fungsi hati, ginjal, dan lain-lain, hingga BMP, saya terbukti ITP.
    Trombosit saya saat terakhir melakukan pemeriksaan 22ribu. Sekarang sedang mengkonsumsi obat dari dokter yang dikatakan bisa menaikkan trombosit. Belum sampai seminggu saya mengkonsumsi obat-obatan ini.
    Semoga di check-up selanjutnya trombosit saya dapat naik hingga ke batas normal manusia umumnya.
    Ada yang ingin saya tanyakan untuk penderita ITP apakah ada pantangan dalam hal makanan? apa saja yang harus dihindari dan apa yang harus dilakukan untuk menaikkan trombosit?
    Lalu, apakah ITP nantinya akan menurun ke anak saya apabila nantinya saya memiliki anak? Sebab pacar saya sendiri bahkan memutuskan saya karena alasan tidak mau mengambil resiko mempunyai anak yang menderita ITP.
    Mohon sharing dan jawaban dari teman-teman semua.

    email : monicacathlinm@ymail.com
    0819 77 9494 00

  86. Assalamu’alaikum,

    Saya juga penderita ITP sejak tahun 1990.. hampir tiap 2 tahun sekali drop dan tranfusi trombosit…
    pada 4 tahun terakhir drop saya sampai 1.000..
    dan oleh dokter darah diberikan methylprednisolon diinjeksikan 2x sehari…
    selama 3 hari trombo saya tidak naik-2….
    Saya pasrah dan selalu istighfar mohon ampun pd Alloh…
    Alhamdulillah ada yg memberi saran utk merebus kulit ari kacang tanah…
    kemudian saya ikuti dengan meminum obat-2an herbal…
    salah satunya yg cepat menaikan trombosit adalah kulit ari kacang tanah…
    sejumput kulit ari kacang tanah direbus dari 3 gelas air jadi 1 gelas air..
    Alhamdulillah trombosit naik menjadi 3.000… akhirnya disamping obat dokter saya konsumsi obat herbal tersebut… hasilnya trombo saya naik terus ke arah normal…
    Semoga pengalaman ini bisa berguna bagi saudara-2ku yg juga menderita ITP…
    semoga ada sesama penderita yg bisa sembuh dr penyakit ini dan bisa berbagi kepada kita semua….

    Wa’alaikumsalam….

  87. Buat pak rahmat , mohon petunjuk nya seberapa bnyk , kulit kacang tanah nya ? Dan diminum berapa kali sekali , berapa takaran air nya ? Dan gimna keadaan bapak sekkarang ?mohon blasan nya pak

  88. Salam kenal,
    Kepd Mr. Handi boleh saya tau vitamin apa yg Bpk konsumsi supaya trombositnya mencapai diatas normal. Thanks Mr.Handi

  89. nama saya Novita. aku + ITP sejak usia 3 thn, dl di usia sy di vonis hny smp 5 thn. Alhamdullilah saat ini usia saya 31 thn,, sehat wal’afiat tanpa perdarahan yg abnormal.. hny badan lebam, gusi berdarah dan haid yg di ats wkt normal.

    sy sdh menikah 3 thn dan belum di karunai keturunan
    sy tdk dpt membayangkan apa yg akn sy hadapi jk saya nanti hamil, tp saya rela mengorbankan semua bhkan nyawa saya sekalipun,,

    ketika saya menikah, mama saya prnh blng “kk ga blh hamil, mama ga bs bayangkan kl kk hamil dan melahirkan” setelah mama melihat perjuangan saya utk hamil mama saya menyerah, mama blng “mama iklas kk, mama izinkan kk hamil.. krn mama percaya kk dan luthfi (suami)
    Subbhanallah saya tdk dpt menahan air mata mendengar izin mama..
    walaupun saat ini saya blm + hamil, saya yakin Allah mendengar doa sya dan mewujudkan mimpi saya. :)

    saya hny mau hidup normal, berbahagia dgn keluarga saya..

    Vtabachtiar@yahoo.co.id // 08567772802

  90. Ank sy penderita itp dn sdh hbs 2 btol gammarass.bs smbh g

  91. untuk menaikkan trombosit pasien ITP bisa dibantu dengan susu powermix sunhope

  92. saya pria berusia 23 tahun,HB saya sekarang 1 & pernah 0,8
    muka saya terlihat sangat pucat dan agak kekuningan,apabila berjalan beberapa meter saja nafas seperti habis,kepala cenat cenut
    kalau malam insomnia akut,terkadang jam 6 atau jam 7 pagi baru bisa tidursaya pernah di rawat di beberapa rumah sakit,saya di rawat hanya trasfusi darah dan di kasih obat pengencer darah.status ketika saya keluar selalu sembuh & diagnosanya berbeda-beda,ada anemia + trombositopenia,iron deficiency anemia,anemia a plastic.
    ketika pulang saya hanya di kasih obat (anemolat,captropil,b12 dan methyl prednisolone),setelah saya transfusi darah BAB saya hitam & BAK saya warnanya seperti darah,hanya selang beberapa bulan HB saya turun lagi dan begitu seterus’a,saya sudah mengalami ini selama 6 tahun,saya ke rumah sakit hanya untuk transfusi darah.
    sampai saat ini saya belum tau sesungguhnya pnyakit apa yang saya derita,kata dokter saya harus di BMP atau di PNH agar tau penyakit’a

  93. Hai Semua

    Mau share info bagi yang membutuhkan

    Kantor perwakilan Pantai Hospitals & Gleneagles Hospitals Malaysia kini hadir di Jakarta. Untuk yang ingin mencari info mengenai dokter, estimasi biaya, dan lainnya bisa menghubungi: 021-29681703 / 021-29681704.

    Semua info yang kami no hidden cost & free of charge alias gratis.

    Tunggu apa lagi? jika perlu cukup dial ke nomor kami

    Terima kasih

    Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s